1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Mengenal Awal Bulan Hijriyah

Penentuan awal bulan Hijriyah merupakan hal yang sangat urgen dalam kehidupan manusia umumnya dan umat Islam khususnya. Bagi umat Islam penentuan awal bulan Hijriyah yang berhubungan dengan ibadah dapat dikatakan wajib, karena hanya dengan penentuan awal bulan Hiriyah ini kapan memulai Ramadhan dan mengakhiri ramadhan bisa diketahui termasuk kapan pelaksanaan hari arafah yang menyertai pelaksanaan ibadah haji. Awal bulan Hijriyah tidak bisa dipisahkan dengan terminologi tentang obyek yang disebut "HILAL" yang menjadi tanda mulainya awal bulan. Di Indonesia, perbedaan dalam menetapkan datangnya awal bulan sering terjadi sehingga sebagian masyarakat bingung dengan perbedaan tersebut. hal ini dikarenakan kita belum memiliki satu kata sepakat tentang apa tanda atau kriteria yang menunjukkan bahwa bulan itu adalah bulan baru sehingga orang mengetahuinya, dan bagaimana cara mengetahui tanda atau kriteria itu. Tanda atau kriteria inilah yang akan menjelaskan kapan bulan itu tiba atau, kalau diperluas, kapan bulan qamariyah itu berganti dari bulan lama ke bulan baru. Rukyat maupun hisab awal bulan qamariyah yang digunakan dalam menentukan awal bulan pada hakekatnya adalah cara untuk mengetahui kapan pergantian dari bulan yang sedang berjalan ke bulan berikutnya itu terjadi. Rukyat maupun hisab semata-mata tidak dapat menjawab pertanyaan “kapan bulan Hijriyah itu berganti” sepanjang tanda-tanda atau kriteria bulan baru itu belum dijawab. Itulah sebabnya, maka termasuk hal yang sangat mendasar untuk mengetahui konsep bulan baru Hijriyah tersebut. Berikut kami kumpulkan sederetan makalah dan artikel untuk anda baca sehingga bisa menambah pemahaman kita tentang awal bulan Hijriyah.

Naskah Akademik Usulan Kriteria Astronomis Penentuan Awal Bulan Hijriyah

Pengantar: Agustus 2015 Majelis Ulama Indonesia dengan difasilitasi Kementerian Agama RI mengadakan pertemuan untuk mendapatkan masukan usulan kriteria penentuan awal bulan Hijriyah. Maka dibentuklah Tim Pakar Astronomi yang diketuai Prof. Dr. Thomas Djamaluddin.  Untuk diketahui publik, berikut ini rumusan naskah akademik ringkas usulan kriteria untuk menjadi bahan kajian bersama.

Selengkapnya...

30 Tahun Keputusan Isbat Awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah

Setelah melakukan inventarisasi, melacak dan mengkompilasi sumber-sumber berita di sana-sini akhirnya data hasil Keputusan Sidang Itsbat yang diselenggarakan oleh Pemerintah cq. Kementerian. Agama RI dan dipimpin langsung oleh Menteri Agama untuk penentuan awal bulan Ramadahan, Syawal dan Zulhijjah selama 28 tahun ke belakang 1988-2015 akhirnya dapat disusun. Data ini tentunya masih memerlukan koreksi seandainya masih ada yang kurang tepat.

Selengkapnya...

Menghitung Awal Bulan Sistem Ephemeris Hisab-Rukyat

Contoh perhitungan awal bulan “Sistem Ephemeris Hisab Rukyat” (Hisabwin version 1.0/1993 atau Winhisab version 2.0/1996) ini disampaikan pada Kegitan “Penataran/Pelatihan/Orientasi/Kuliah/ Pertemuan/Diklat Hisab Rukyat” sejak tahun 1993 sampai sekarang, disajikan dengan cara dan penggunaan yang sama, hanya contoh perhitungan awal bulan dibuat berbeda/disesuaikan. Semoga manfaat. Amin

Selengkapnya...

Penetapan Awal Bulan Hijriyah di Indonesia

Di Indonesia penetapan awal bulan Hijriyah khususnya yang berkaitan dengan penentuan awal Ramadhan, Syawal dan sering menimbulkan masalah. Permasalahan awal bulan Hijriyah merupakan salah satu permasalahan hisab-rukyat yang tak kunjung selesai dan selalu beruang hampir setiap tahun dan menjadi sangat urgen dibandingkan dengan penetapan waktu shalat, arah kiblat dan gerhana yang hampir tidak pernah dipermasalahkan.

Selengkapnya...

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

     Online :  0 member