1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Kata Sambutan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته  Alhamdulillahi robbil 'alaamin, dengan memanjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT, atas limpahan rahmat-Nya sehingga pada akhirnya website Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak (LP2IF) - Rukyatul Hilal Indonesia (RHI) dapat dipublikasikan kembali setelah hampir setahun lebih down dari server. Penyediaan website ini tentu dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat tentang informasi tentang ilmu falak atau yang lebih dikenal dengan sebutan hisab dan rukyat. Di era teknologi yang berkembang pesat seperti saat sekarang ini, maka sangat tepat apabila kita dapat memanfaatkan website ini sebagai wadah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Sebuah kenyataan yang tidak dapat kita dipungkiri bahwa dalam kegiatan ibadah sehari-hari umat Islam, Ilmu Falak atau Hisab-Rukyat adalah ilmu yang sangat berkaitan dan memegang peranan penting. Mulai dari penentuan arah kiblat, pembuatan jadwal shalat, penentuan awal Ramadhan dan Syawal maupun Idul Adha bahkan sampai pengiraan kapan waktu terjadinya peristiwa gerhana saat umat muslim diperintahkan mengerjakan shalat gerhana semuanya tidak dapat dipisahkan dari Ilmu Falak.

Ironisnya di tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ini, Ilmu Falak kurang diminati untuk dipelajari. Bahkan penentuan awal Ramahan, Syawwal dan Zulhijjah  masih menjadi bahan perdebatan yang tak kunjung selesai hingga kini. Perbedaan di kalangan umat Islam yang seharusnya menjadi rahmat bahkan dapat berakibat sebaliknya yaitu menjadi bencana dengan terpecahnya kesatuan umat Islam. Hal ini semestinya bisa dihindari seandainya masyarakat Indonesia semakin cerdas dalam menguasai Ilmu Falak sehingga dapat disepakati kriteria Tunggal Kalender Islam di Indonesia.

Di sisi lain masalah ketepatan arah kiblat juga menjadi hal yang sangat memprihatinkan di Indonesia. Menurut beberapa survey yang dilakukan terhadap masjid-masjid di Indonesia, sekitar 80% lebih arah kiblat masjid masih salah. Sementara masyarakat kita cenderung mengambil sikat masa bodoh karena menganggap kaidah syar'i membolehkan penentuan kiblat cukup secara perkiraan saja. Belum lagi masalah keawaman masyarakat terhadap awal waktu shalat dan tuntunan syariah saat terjadi gerhana.

Melihat kenyataan tersebut RHI mencanangkan visi dan misi sebagai upaya menghindari atau setidaknya meminimalisir timbulnya konflik masalah syariah yang berkaitan dengan ilmu Falak di kalangan masyarakat kita. Untuk itulah melalui pembuatan website ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat luas tentang LP2IF Rukyatul Hilal Indonesia (RHI) secara khusus dan bisa menyediakan berbagai informasi terkait dengan pengetahuan hisab dan rukyat di Indonesia.

Melalui sambutan ini perkenankanlah kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tim MMCHosting yang telah berupaya memberikan kontribusinya atas penerbitan website ini. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada kepada semua pihak yang telah membantu memberikan data dan informasi. Kami menyadari masih banyak kekurangan, oleh karenanya kritikan dan masukan dari semua pihak sangat kami harapkan demi sempurnanya website berikutnya.

 
Akhirnya kami berharap muhah-mudahan website ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat dipergunakan sebagai informasi hisab rukyat di Indonesia. ولسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
 
 
Yogyakarta, 1 Maret 2015
Direktur LP2IF RHI Pusat,
  ttd
 Mutoha Arkanuddin



 
 

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

     Online :  0 member